Jumat, 21 Oktober 2011

"BELAJAR DARI KESALAHAN"




Ini adalah cerita tentang seorang ilmuwan riset yang terkenal yang telah membuat beberapa terobosan medis yang sangat penting. Dia sedang diwawancarai oleh seorang reporter surat kabar yang bertanya kepadanya mengapa dia berpikir dia bisa menjadi jauh lebih kreatif daripada orang rata-rata. Apa yang membuatnya begitu jauh dari orang lain?
Dia menjawab bahwa, menurut pendapatnya, itu semua berasal dari pengalaman dengan ibunya yang terjadi ketika ia berusia sekitar dua tahun. 
Dia telah mencoba untuk menghapus botol susu dari kulkas ketika ia kehilangan pegangannya karena botolnya licin dan jatuh, menumpahkan isinya di lantai dapur jadi  benar-benar lautan susu!






Ketika ibunya datang ke dapur, bukannya berteriak padanya, memberinya kuliah, atau menghukum dia, dia berkata, "Robert, saya jarang melihat genangan besar susu. Nah, ini semua akibat ulahmu. Apakah kamu mau turun dan bermain di susu selama beberapa menit sebelum kita membersihkannya? ". 

Setelah beberapa menit, ibunya berkata, "Kau tahu, Robert, setiap kali kamu membuat kekacauan seperti ini, akhirnya kamu harus membersihkannya dan mengembalikan segala sesuatu seperti semula sesuai tempatnya. Jadi, bagaimana bisa kamu ingin melakukan itu lagi? 


Kita bisa menggunakan spons, handuk, atau kain pel. Mana yang kamu lebih suka "Dia memilih spons? Dan bersama-sama mereka dibersihkan susu tumpah.


Ibunya lalu berkata, "Kau tahu, apa yang kita miliki di sini adalah pengalaman mengenai kegagalan dalam cara efektif membawa botol susu besar dengan dua tangan mungil. Mari kita pergi keluar di halaman belakang dan mengisi botol dengan air dan lihat apakah kamu dapat menemukan cara untuk membawa botol itu tanpa menjatuhkannya "Anak kecil itu belajar bahwa kalau dia memegang botol di bagian atas dekat bibir dengan kedua tangan, ia. bisa membawanya tanpa menjatuhkannya.







Apa pelajaran yang indah yang kamu dapat?! Ilmuwan terkenal ini kemudian berkomentar bahwa saat itulah ia tahu ia tidak perlu takut untuk membuat kesalahan. Sebaliknya, ia belajar bahwa kesalahan itu hanya kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru. Setelah semua itu, kamu akan menemukan pengalaman yang sangat berharga untuk dijadikan pegangan


.Bahkan jika percobaan "tidak bekerja," kita tetap belajar sesuatu yang berharga dari asil semua itu. 


Kamu akan belajar dari kesalahan, yaitu. . cara untuk tidak pernah mengulangi kesalahan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar