Kamis, 06 Oktober 2011

" Masalah-masalah pada tubuh di Usia Tua "





Apa kamu tahu, apa saja yang terjadi pada tubuh kita disaat usia senja alias tuwek? Pasti mayoritas dari kamu-kamu tahu dong....
Ini sekedar menambahkan, kali aja kamu belum sepenuhnya tahu.




1.  OTAK

Ternyata, kita itu kehilangan sel-sel otak semenjak umur 20 tahunan loh, tapi itu prosesnya sangat lambat. 40% orang diatas umur 65 tahun, bermasalah dengan gangguan memori. Satu diantara mereka terkena penyakit pikun. 

Kepribadian seseorang stabil diusia 30an dan pada setiap perubahan yang membuat stress atau shock akan mengarah ke indikasi penyakit degeneratif.





2.  MATA

Kesulitan melihat dengan fokus pada sesuatu yang dekat sering terjadi di usia 40an. Sedang di usia 70an, lebih sulit membedakan benda-benda secara rinci alias penglihatan sangat kabur.



3.  TELINGA

Gangguan pendengaran, 25% terjadi pada usia antara 65-75 tahun. Dan kesulitan akan bertambah menjadi 70%-80% pada mereka yang berusia diatas 75 tahun.



4.  RASA alias SENSE

Kesulitan merasa dan mencium bau makin memburuk di usia 60an. Sedang yang berusia 70-80 tahun, 30% bermasalah dengan Panca Indera mereka.



5.  KULIT

Sebenarnya penuaan dimulai pada usia 20an loh, hanya saja akan lebih tampak di 20 tahun kemudian.



6.  JANTUNG

Resiko serangan jantung meningkat dengan bertambahnya usia. Terutama di usia 45 tahun untuk pria dan 55 tahun untuk wanita.



7.  TINGGI BADAN

Pada usia 80 tahun, kita kehilangan tinggi sebanyak 2 inci karena tulang belakang yang melengkung atau karena kompresi dari sendi pada tulang belakang.





8.  PROSPAT

Prospat akan bertambah hampir dua kali lipat pada usia antara 20-90 tahun. Dan pria diatas 50 tahun beresiko terkena kanker prospat.



9.  HATI

Kita akan kehilangan sepertiga dari tubuh kita sekitar usia 30-90 tahun.



10. PUNCAK SEKSUAL

Puncak seksual wanita ditempat tidur berlangsung di usia 35 tahunan, sedang pria di usia 18 tahunan ketika testosteren tinggi. Namun perlu diperhatikan, bahwa hormon yang tinggi tidak berarti puncak seksual juga tinggi loh. Biasanya setelah usia 40an, harus dibantu dengan obat-obatan.



11. OTOT

Kehilangan otot dimulai pada usia 30 tahunan. Tanpa olah raga yang teratur, penurunan massa otot pada wanita adalah 22% sedang pada pria 23% pada usia antara 30-70 tahun.




12. SENDI

Gerakan yang menyebabkan tekanan pada sendi dan juga karena stres sendi yang disebabkan saat berolah-raga, mulai aus di usia antara 40-50 tahin. Hal ini juga menyebabkan osteoartritis (nyeri sendi yang parah) di usia 65 tahun.



13. TULANG

Mulai kehilangan densitas di usia 50 tahunan. Beresiko osteoporosis tinggi dan patah tulang.




14. SEL 

Pada usia 60 tahunan, sel sumsum tulang belakang mulai menurun, itu sangat berpengaruh pada penurunan rasa.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar