Selasa, 29 November 2011

Tips Untuk Keadaan Darurat Pada Tubuh



Tubuh yang sehat adalah wadah untuk pikiran yang sehat. Demikian pula pikiran yang cerdas menangani tubuh dengan cerdas pula.

Ini beberapa trik yang dapat dipelajari untuk membawa tubuh lebih harmoni.
1. Jika tenggorokan gatal, garuk saja daun telinga. Jika saraf di telinga mendapat rangsangan, dapat menciptakan refleks di tenggorokan yang menyebabkan otot menjadi kejang. Itulah yang menyembuhkan gatal.
     
2. Jika kesulitan mendengar seseorang di sebuah pesta atau ditelepon, gunakan telinga kanan untuk mendengar. Karena telinga kanan lebih peka terhadap suara ucapan yang cepat. Sedangkan telinga sebelah kiri adalah lebih baik dalam memilah nada musik.
     
3. Jika kebelet ingin ke kamar kecil, tapi tidak berada di dekat kamar mandi, berfantasilah tentang "Bercinta". Karena itu akan menyibukkan otak dan mengalihkan perhatian.
     
4.  Saat dokter akan memberikan suntikan, batuklah atau mencoba untuk batuk! Batuk menaikkan tingkat tekanan di kanal tulang belakang, yang membatasi sensasi nyeri yang biasanya terekam di otak.
     
5.  Untuk  menghentikan hidung yang 'meler' atau juga melegakan tekanan sinus, yaitu dengan mendorong lidah ke langit-langit mulut. Kemudian menekan dua jari  diantara alis. Ulangi tiap 20 detik. Itu menyebabkan tulang vomer akan mengendur dan menghentikan 'meler' (beringus).
     
6.  Jika setelah makan makan besar lalu merasa kekenyangan saat pergi tidur, berbaringlah ke arah sisi kiri. Itu akan mencegah menderita refluks asam. Dengan berbaring ke arah sisi kiri, dapat membuat perut lebih rendah dari kerongkongan yang akan membantu menjaga asam lambung untuk tidak bergeser naik ke tenggorokan.
     
7.  Untuk menghentikan sakit gigi, caranya dengan menggosok es di bagian belakang tangan pada daerah berselaput antara jempol dan indeks jari(telunjuk).  Atau bisa juga dengan memijitnya. itu akan merangsang bagian otak untuk mencegah sinyal rasa sakit ke arah mulut.
     
8.  Jika mabuk karena minuman keras,  ruangan seolah berputar, letakkan tangan pada sesuatu yang stabil. Alasannya karena alkohol mengencerkan darah di bagian telinga yang disebut cupula, yang bertugas mengatur keseimbangan. 
Dengan menempatkan tangan pada sesuatu yang stabil, memberikan otak titik acuan yang lain, yang akan membantu membuat dunia berhenti berputar.
    
9.   Jika ingin menghentikan pendarahan hidung ataupun mimisan, yaitu dengan menempatkan beberapa kapas  di         gusi bagian atas. Yang posisinya tepat di belakang kelokan  bawah hidung dan menekannya agak keras. Sebagian besar perdarahan berasal dari dinding tulang rawan yang membagi hidung, sehingga 'menekan' akan membantu untuk berhenti.
 
    10. Gugup? Untuk memperlambat detak jantung, caranya dengan meniup ibu jari. Syaraf vagus mengontrol denyut jantung, dan membantu bernapas dengan tenang kembali.
    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar