Jumat, 16 Desember 2011

ALERGI

ALERGI


 
'Alergi' berarti reaksi jaringan yang berubah atau abnormal setelah terpapar antigen (juga disebut 'alergen'). Reaksi alergi terjadi jika jaringan tubuh yang sensitif terhadap alergen. Alergen dapat mencapai jaringan melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir berbagai organ atau melalui aliran darah setelah absorpsi.  

Hampir semua bagian tubuh dapat dipengaruhi oleh alergi. Reaksi alergi disebabkan oleh berbagai macam zat dan kondisi. Misalnya serbuk sari, debu, kosmetik, dan bulu hewan, tanaman beracun, serum, vaksin, dan obat-obatan. Agen fisik seperti panas, dingin dan sinar matahari serta berbagai macam makanan juga dapat menyebabkan alergi. Makanan yang sering menyebabkan reaksi alergi adalah jeruk, susu, telur, gandum, ikan dan makanan laut lainnya, coklat, tomat, dan stroberi. 

Gejala Alergi

Beberapa gejala alergi adalah seperti sering sakit kepala, demam, juga muntah, migrain, pusing, iritabilitas, kegugupan, depresi, neuralgia, konjungtivitis, eksim, demam, hidung tersumbat atau berair, diare, urtikaria, asma, sesak napas, dan pembengkakan wajah dan mata.  

Substansi yang sama dapat menyebabkan gejala yang berbeda pada orang yang berbeda pada waktu yang berbeda.

Penyebab Alergi

Kesalahan gaya hidup merupakan salah satu penyebab alergi. Juga merupakan indikasi ketidakharmonisan yang disebabkan oleh kesalahan diet dan gaya hidup yang salah. 

Penyebab lain adalah makanan olahan dan stres. Hal ini juga disebabkan oleh konsumsi  makanan olahan yang berlebihan, yang sarat dengan berbagai bahan kimia tambahan, yang banyak menyebabkan reaksi kuat. Stres emosional dan psikologis juga dapat menyebabkan alergi.

Pengobatan Rumahan Untuk Alergi

Perawatan alergi menggunakan nutrisi-nutrisi tertentu yang telah ditemukan sangat bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan alergi. Seringkali asupan vitamin B5 atau asam pantotenat membawa bantuan besar untuk penderita. Vitamin ini dapat diambil dalam dosis 100 mg sehari selama sebulan. Dalam kasus tersebut, jumlah liberal asam pantotenat membantu meskipun pemulihan memakan waktu beberapa minggu.  

Vitamin E
Vitamin E dengan dosis 400 mg setiap hari selama 4-6 minggu yang juga bermanfaat sebagai vitamin ini, memiliki  anti-alergi yang efektif.  

Minyak Castor
Perawatan alergi juga dapat menggunakan menggunakan Minyak Castor. Dengan mencampur lima tetes minyak dalam setengah cangkir buah atau jus sayuran, atau air putih, dan diminum pada saat perut kosong di pagi hari, juga bermanfaat untuk alergi pada saluran usus, kulit, dan saluran hidung. 

Kapur
Kapur dianggap sebagai obat yang efektif untuk setiap jenis alergi. Setengah jeruk nipis dapat diperas dalam segelas air suam-suam kuku dan dipermanis dengan satu sendok teh madu. Lakukan hal ini setiap pagi selama beberapa bulan dengan dosis kecil saja.  
Obat ini tidak hanya menghambat kerja sistem racun tetapi juga bertindak sebagai agen bersifat antitoksin dan antiallergic. Namun, mereka yang alergi terhadap buah jeruk, tidak harus menggunakannya.

Pisang 
Satu atau dua buah pisang sehari berguna bagi mereka yang alergi terhadap makanan tertentu dan yang akibatnya menderita ruam kulit, gangguan pencernaan, atau asma. 

Jus Sayuran
Sebuah jumlah 500 ml jus wortel atau kombinasi jus wortel dengan jus bit dan mentimun, juga  bermanfaat dalam pengobatan alergi. Jus dibuat dengan campuran 100 ml setiap jus bit dan mentimun dengan 300 ml jus wortel.  Hal ini harus dilakukan sekali sehari. 

Jus buah segar
Dengan sering mengkomsumsi jus buah segar adalah cara efektif untuk  mencegah atau mengatasi alergi karena dapat memperkuat ketahanan fisik secara keseluruhan. 

Hindari makanan seperti aditif kimia teh / kopi atau yang mengandung dan pengawet. Selain makanan yang harus dikecualikan dari diet seperti teh, kopi, coklat, minuman cola, alkohol, gula dan juga hindari produk-produk yang terbuat dari  sereal olahan, tepung, ikan, ayam, tembakau, susu, keju, mentega, merokok dan makanan acar asin, dan makanan yang mengandung bahan kimia aditif apapun, pengawet dan perasa. 

Hindari stres  
Lakukan kontrol dengan meditasi, olahraga karena alergi juga bisa muncul disebabkan mental yang stres. Metode ini mengurangi atau menghilangkan stres dan dengan demikian berkontribusi terhadap pengobatan alergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar