Selasa, 13 Desember 2011

Beberapa Mitos Tentang Kesehatan





MITOS TENTANG KESEHATAN


Bicara tentang kesehatan, jangan pernah main-main dengan kesehatan. Pastikan bila mendengar isu-isu atau desas-desus yang meragukan tentang kesehatan.  

Beberapa pakar kesehatan menyarankan ini untuk menghilangkan prasangka beberapa mitos yang paling umum.

Jerawat disebabkan karena darah kotor atau sembelit. 
Jerawat disebabkan oleh sekresi berlebihan dari kelenjar sebaceous, ketidak-seimbangan hormon dan stres. Darah murni atau konstipasi tidak ada hubungannya dengan itu. Untuk mengontrol jerawat, cukup dengan menghindari sabun wangi mewah, minyak pijat dan pelembab yang berlebihan. Mengkomsumsi sayuran berdaun hijau dalam diet yang benar, juga menjaga wajah tetap bersih dapat mencegah timbulnya jerawat.
 
Meminyaki rambut setiap hari, dapat mendorong pertumbuhan. 
Ini salah satu mitos yang paling populer di India. Meminyaki rambut hanya melindungi dari debu, warna polusi, dan polutan eksternal. Aplikasi biasa dari minyak tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan rambut.  

Bila menggosok minyak di kulit kepala, itu hanya membasahi rambut itu. Hal ini kemudian dilindungi dari faktor eksternal. Minyak tidak dapat merangsang pertumbuhan, jadi jangan berharap efek Rapunzel atau berharap rambut akan cepat tumbuh hanya dengan mengolesi rambut dengan minyak setiap hari.

Semua Jenis Kolesterol Buruk

Ada dua jenis kolesterol, 
a.  HDL, yang merupakan salah satu yang baik, dan 
b. LDL, yang buruk.  

Makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, minyak ikan, minyak kedelai merupakan sumber yang baik HDL. Kolesterol baik mencegah efek berbahaya dari LDL seperti penyumbatan pembuluh darah.  

Di sisi lain, makanan seperti minyak sayur, mayones, keju, mentega adalah kolesterol jahat yang menumpuk arteri. Makanya, sering dianjurkan untuk minum delapan gelas air setiap hari. Semua orang telah merekomendasikan trik ini, dari supermodel di sebuah majalah kecantikan sampai tukang sapu. 

Ya, air adalah baik untuk tubuh, namun perlu bervariasi dari satu orang ke orang lain, karena kebutuhannya tidak sama. Sebagai contoh, ginjal atau jantung pasien mungkin membutuhkan lebih dari delapan gelas air. Juga, jika diet  tinggi pada sumber-sumber air yang lain, tidak harus mengkonsumsi delapan gelas per hari. Sup, mentimun, melon air dan makanan lain yang tinggi pada kadar airnya juga harus dihitung. Tapi, jika  berhasil minum  lebih dari delapan gelas air, itu sungguh baik untuk kesehatan!

Membaca dengan cahaya redup, merusak mata

Ini tentang cerita sorang ibu tua yang miskin. Karena tak ada listrik, hanya bisa membaca di lampu redup sementara Tapi itu semua tidak menyebabkan sakit kepala  juga tidak membuat mata lebih rentan terhadap infeksi mata.  

Namun, menekankan mata bekerja keras untuk waktu yang lama mungkin memiliki konsekuensi yang merugikan. Faktor-faktor jjjlseperti menatap layar komputer terlalu lama, dan lain-lain justru lebih berbahaya meski dalam jangka pendek dibanding membaca dengan cahaya redup karena efek radiasi

Cokelat buruk bagi gigi. 
Perhatian, chocoholics! Cokelat tidak memiliki alasan untuk membuat gigi menjadi buruk. Bahkan, pizza keju cair lengket lebih mungkin memiliki efek buruk pada gigi  daripada sebatang cokelat yang tidak berbahaya.  

Intinya menjadi apapun yang menempel pada gigi, perlu dibersihkan. Karena jika tidak, untuk waktu yang lama, kemungkinan dapat menyebabkan pembusukan.

Harus berkeringat ketika berolahraga.
 Berkeringat tidak ada hubungannya dengan penurunan berat badan saat berolahraga. Orang-orang berkeringat karena tubuh mereka semakin dipanaskan saat melakukan latihan dan kebutuhan untuk mendinginkan. Dan setiap orang, memiliki pola yang berbeda dalam berkeringat. Ini bervariasi sesuai usia, jenis kelamin dan yang paling penting lingkungan seseorang. 

Saat ini gyms yang ada memiliki penyejuk udara, maka akhirnya memaksa bekerja dua kali lebih banyak untuk dapat berkeringat.

Makan terlalu banyak permen, menyebabkan diabetes. 
Orang yang makan permen memiliki peluang yang sama dengan orang yang tidak makan permen untuk mendapatkan penyakit diabetes.  

Diabetes terutama disebabkan karena akumulasi glukosa dalam tubuh atau karena ketidak-mampuan pankreas untuk mengatur tingkat gula. Hal ini dapat dipicu oleh gula, tetapi tidak benar-benar disebabkan oleh itu.

Semua makanan kesehatan, baik!

Sekarang ini, jumlah penjual  kedelai dan protein campuran mewabah di masyarakat, counter-counter penjual jus, milkshake dan berbagai makanan maupun minuman 'kesehatan' mudah ditemui. Namun, kebanyakan  dikemas dengan bahan pengawet. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar