Sabtu, 17 Desember 2011

Kayu Manis Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan




Kayu Manis adalah salah satu rempah-rempah paling dikenal dan dicintai di dunia. Konon, di jaman dahulu kala, kayu manis adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai media barter seorang budak di pasar perbudakan. 

Selain harganya yang murah, kayu manis adalah salah satu zat yang paling berharga di dunia yang dampaknya sangat baik terhadap kesehatan dan gizi.

Banyak budaya tradisional di seluruh dunia telah menggunakan kayu manis, bukan hanya sebagai bahan dalam hidangan favorit mereka, tetapi juga sebagai obat. Bahkan, kayu manis telah sangat dihargai karena sifat obatnya bertahan untuk ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun.

Bukti ilmiah baru menyimpulkan, kayumanis sangat efektif untuk pengobatan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian baru-baru (jurnal Diabetes Care telah), mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis  setiap hari secara signifikan, dapat mengurangi tingkat gula darah pada orang yang mempunyai penyakit diabetes tipe 2.
 
 
Selain itu, penelitian yang sama menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total pada waktu yang bersamaan.

Manfaat lain dari kayu manis meliputi :

 - Meningkatkan pencernaan  
Kayu manis dan rempah-rempah terkait lainnya, telah lama digunakan sebagai obat pencernaanuntuk yang menderita penyakit perut seperti  kram, IBS, dan gangguan lambung. Caranya dengan menambahkan kayu manis pada hidangan/makanan.

- Memperbaiki jaringan yang rusak
 
Ada bukti yang bersifat anekdot, yang  menyarankan bahwa kayu manis dapat memiliki kemampuan  menyempitkan jaringa dalam tubuh yang dapat mempercepat luka menjadi sembuh.

- Menghentikan hidung manpet    
 
Kayu manis dan rempah-rempah lainnya juga sangat baik  dikonsumsi untuk mengurangi kemacetan yang berasal dari pilek, alergi, dan kondisi umum lainnya.

- Mengurangi sakit pada otot dan persendian
Dengan memakan kayu manis secara teratur, otot dan nyeri sendi, serta kekakuan, dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

- Menghindari kram saat menstruasi  
Kayu manis juga dapat digunakan untuk mengobati ketidaknyamanan saat menstruasi. Ini sangat efektif untuk  mengurangi kram, nyeri, dan  keluhan menstruasi umum lainnya.

- Memperbaiki sirkulasi darah
 
Seperti bawang putih, kayu manis adalah agen pengencer darah yang baik. Meskipun tidak sekuat bawang putih, kayu manis juga bertindak untuk meningkatkan sirkulasi.

- Mengurangi nyeri pada
arthritis 
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat berguna dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan arthritis.

- Mencegah infeksi saluran kemih
 
Terbukti dengan banyak yang makan kayu manis secara teratur dapat mencegah infeksi saluran kemih.     

- Mencegah  kerusakan gigi dan penyakit gusi  
Ada banyak bukti,  bahwa kayu manis dapat membantu dalam pencegahan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

- Membunuh bakteri berbahaya 
 
Kayu manis terbukti mengandung antimikroba yang kuat, yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman E. coli dan bakteri berbahaya lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar