Jumat, 02 Desember 2011

Mengobati Migrain


Sekitar dua pertiga dari penderita migrain tidak dapat beraktifitas pada tingkat normal ketika sedang mendapatkan serangan migren. Jika sakit kepala sudah mengganggu pekerjaan atau kehidupan keluarga, dan jika sakit kepala yang semakin buruk, atau jika  setiap sakit kepala menyerang harus minum obat terus menerus untuk menguranginya, alangkah baiknya segera pergi ke dokter.

Di bawah ini adalah beberapa solusi sederhana untuk meringankan rasa sakit migrain, tetapi tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat dari dokter.     

1. Tidur sering tidak nyenyak, perubahan pola tidur,  dan jet lag dapat memicu migrain. Cobalah untuk menjaga jadwal reguler dan bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap waktu. Tidurlah dengan teratur.
 
2.
Berbaringlah lalu kompres kepala dengan es yang dibungkus handuk atau kompres dingin di kepala yang berdenyut untuk meredakan bengkak, pembuluh darah berdenyut sampai rasa sakit mereda.
  

 3.
Jika tidak ingin menempatkan kompres dingin di kepala, untuk menghilangkan rasa sakit, rendam salah satu atau kedua tangan dalam air es selama dapat mentolerir itu. Tinju air es itu berulang-ulang. Hal ini dapat memiliki efek yang sama sebagai kompres pada jantung.
  

4. Matikan lampu kamar, gantilah dengan yang agak redup. Cahaya kadang-kadang memperburuk gejala migrain, berbaringlah di ruangan gelap.
  

5. Jangan terlambat makan. Melewatkan jam makan, dapat memicu serangan migren. Jika bisa, sempatkan makan makanan kecil sepanjang hari atau pastikan untuk makan tiga kali.
  

6. Perhatikan apa yang dimakan. Makanan tertentu memicu serangan migrain dalam waktu sekitar sepuluh persen dari penderita migrain. Hal ini dapat membutuhkan waktu 30 menit sampai 12 jam untuk mengetahui timbuknya reaksi. Jika terserang migrain, pikirkan kembali apa yang telah dimakan beberapa waktu sebelumnya dan kemudian hindari makanan tersebut.      
     
 
7. Ambil riboflavin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 miligram sehari riboflavin dapat membantu menghilangkan migrain.
  

8. Rempah-rempah. Bahan panas di lada merah, capsaicin, adalah obat penghilang rasa sakit hebat dan dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan serangan migrain. Tidak perlu memasukkan lada merah dalam semua makanan. Bila kesulitan mengkomsumsinya, sekarang banyak tersedia dalam bentuk kapsul di toko-toko obat, terutama toko obat cina.
 
9. Hindari begadang. Terkadang saat weekend atau akhir pekan rsanya ingin rileks bersama teman-teman hingga larut malam. Meskipun mungkin tampak seperti hadiah pada awalnya, ternyata begadang juga memicu serangan migrain. Bangun malam juga dapat memicu migrain karena mengubah pola tidur normal  dan dapat menyebabkan  kehilangan selera saat sarapan yang juga memicu migren. Jika benar-benar harus tidur larut malam di akhir pekan, cobalah tidur dengan jendela sedikit terbuka agar udara segar bisa masuk.
 
10.
Jika rentan terhadap muntah selama migrain, coba mengkomsumsi kaldu dingin yang sebelumnya disimpan di lemari es.  

11. Kadang-kadang mandi membantu. Mandilah di kamar mandi dengan lampu yang dipadamkan. Rendam diri dengan menghadap ke bawah (jangan lupa untuk mengambil udara) dan rilekkan tubuh.
 

12. Dalam beberapa kasus, rendahnya tingkat hormon progesteron tampaknya meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Jika seorang wanita mengalami migrain lebih sering terjadi dalam 2 minggu sebelum mens, patut curiga dan segerakan pergi ke dokter untuk memeriksa tingkat progesteron (catatan : banyak dokter yang tidak menyadari link ini, tetapi jika tingkat progesteron ditemukan menjadi rendah, mereka mungkin menyarankan/memberikan resep suplemen). Progesteron cukup aman untuk dijual tanpa resep (krim Progest adalah merek yang baik), dan itu patut dicoba, tetapi beberapa penderita migrain memerlukan dosis yang lebih tinggi. 

Bahkan ada laporan,  dosis yang lebih kecil dari progesteron dapat membantu meringankan migrain pada laki-laki (meskipun tidak ada penelitian yang dilakukan).
      
 
13. Gunakan tehnik akupuntur untuk sejenak membantu menghilangkan rasa sakit. Ketuk beberapa kali kepala, bahu  dan kemudian bagian dalam pergelangan tangan dipijit.  Ulangi beberapa kali, akan membantu merasa rilek dan mengurangi sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar