Jumat, 30 Desember 2011

Strategi Efektif Pencegahan Flu

Strategi Efektif Pencegahan Flu



 


1. Cuci tangan 

Hidup di dunia penuh dengan virus dan bakteri yang dapat membuat sakit. Tanpa terkecuali tangan. Sangat bauk jika tangan selalu dalam kondisi bersih. Jika tidak dapat mencuci tangan dengan air, setidaknya menggunakan beberapa pembersih tangan, seperti Purel.

2. Minum cairan panas, terutama di pagi hari

Rhinovirus yang berinkubasi di belakang tenggorokan dan menyebar di daerah pernapasan atas, memiliki suhu yang lebih dingin dibanding suhu tubuh. Rhinovirus tidak dapat bertahan di 98,6f (karena itu tidak dapat masuk ke dalam bronkus atau paru-paru). 

Dengan meminum cairan panas (seperti teh panas dan lemon), dapat mencegah pengeraman virus.

3. Jauhkan tangan  dari wajah 

Wajah Anda adalah sebuah portal terbuka untuk bagian dalam tubuh. Jauhkan diri dari kuman portal dengan sedikit mungkin tersentuh tangan(terutama tangan tidak dalam keadaan bersih).

4. Minumlah air

Minum lebih banyak air adalah jawaban untuk semuanya. Air akan membantu membersihkan tubuh dan tetap bersih. Ini juga akan menjaga tubuh berfungsi pada 100%. Dan, setidaknya harus minum 8 (delapan) gelas air sehari-hari.  

Ini juga akan membantu  menurunkan berat badan.

5. Makan buah dan sayuran 

Ada fitokimia dan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Setidaknya, empat porsi sayuran dan dua porsi buah setiap hari. 

6. Multivitamin 

Jika tidak makan buah dan sayur, pastikan menggantinya dengan mengkomsumsi multivitamin untuk mencukupi vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tubuh berfungsi dengan baik. Konsumsi multivitamin satu butir per hari.

7. Tetap hangat 

Tubuh yang dingin, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Kenakan lapisan dalam jika keluar dari rumah ketika cuaca dingin.

8. Bersantai dan istirahat 

Stres juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengurangi tingkat stres, adalah dengan bersantai dan cukup tidur. Tidur sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tidur juga akan meningkatkan waktu pemulihan jika sedang sakit.  

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar