Sabtu, 31 Desember 2011

Indrie Matrie: Mencegah Batu Ginjal

Indrie Matrie: Mencegah Batu Ginjal: Apakah batu ginjal ? Batu ginjal adalah salah satu gangguan yang paling menyakitkan yang mempengaruhi manusia . Batu ginjal diseb...

Mencegah Batu Ginjal

Apakah batu ginjal?

Batu ginjal adalah salah satu gangguan yang paling menyakitkan yang mempengaruhi manusia. Batu ginjal disebabkan
penumpukan mineral garam secara tidak normal dan berlebih yang terbentuk pada ginjal dan dapat tersumbat pada saluran kemih. Batu yang terbentuk biasanya sebesar pasir atau kerikil. Batu Ginjal dapat dibuang melalui operasi, namun biasanya akan muncul kembali. Batu ginjal juga menjadi slah satu penyeban terjadinya gagal ginjal.

Batu ginjal terbentuk oleh menumpuknya senyawa kalsium fosfat atau kalsium oksalat. Batu ginjal mudah terbentuk pada kondisi urine bersifat basa atau alkali.
 
Batu ginjal juga dapat disebabkan oleh dehidrasi. Mineral garam yang kekurangan cairan, tidak dapat larut dan terjadilah kristalisasi .

Penyebab umum batu ginjal ada 2 kategori :

1. Secara Kimia
Batu ginjal pada umumnya terdiri dari 4 jenis bahan kimia utama dan berhubungan dengan penyebab batu ginjal tersebut:
1.Batu kalsium
2.Batu Struvite
3.Batu asam urat
4.Batu sistin
Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1.000 orang, biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu. Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu.
2. Secara Umum
Penyebab batu ginjal dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
1. Kurang minum sehingga menyebabkan sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal. Cairan yang dibutuhkan untuk menggelontor berbagai racun di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan urin mengalami kondensasi sehingga membentuk butiran seperti batu (batu ginjal).
2. Tubuh memproduksi asam urat di dalam darah terlalu berlebihan
3. Infeksi yang terjadi di dalam ginjal yang mempermudah batu ginjal terbentuk.
4. Faktor genetik. Jika ditemukan salah satu anggota keluarga menderita batu ginjal, hampir dimungkinkan keturunannya berpotensi mengalami batu ginjal
5. Infeksi saluran kemih (ISK) 
6. Overdosis vitamin D 
7. Ketidakseimbangan mineral 
8. Penyakit ginjal 
9. dehidrasi
   
    
Berikut ini beberapa tips/cara untuk mencegah terjadinya batu ginjal yang bisa dilakukan :
 
Tips 1:

Rebus dua buah ara dalam secangkir air. Minum di pagi hari sebelum minum/makan yang lain selama satu bulan.

Tips 2:

Campurkan 1 sendok teh rebusan daun kemangi dengan 1 sendok teh madu. Minum setiap pagi selama 5-6 bulan. Untuk penyeimbang, makan Apel 2-3 butir per hari.

Tip 3:

Semangka, baik dimakan sebagai buah atau jus.

Tip 4:

1 cangkir rebusan daun lobak, diminum 2 kali sehari.

Tip 5:

Setiap pagi hari, minum 1 gelas jus tomat segar. Tambahkan sedikit garam dan merica.

Hindari menggunakan produk ini jika  alergi.

Jumat, 30 Desember 2011

Indrie Matrie: Rata-rata Pemikiran laki2

Indrie Matrie: Rata-rata Pemikiran laki2: pemikiran 1 Ketika kita lahir , ibu kita mendapatkan pujian dan bunga-bunga . Ketika kita menikah , menjadi pengantin mendapatk...

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan




Air kelapa SANGAT baik untuk Kesehatan. Berikut adalah beberapa informasi mengenai Air Kelapa: 
Air kelapa adalah minuman isotonik alami, dengan tingkat keseimbangan elektrolit yang sama seperti yang kita miliki dalam darah kita. Air kelapa laksana cairan kehidupan.

Selama Perang Pasifik 1941-1945, kedua belah pihak yang berkonflik,  menggunakan air kelapa yang disedot langsung dari batoknya untuk memberikan transfusi darurat kepada tentara-tentara yang terluka.

Air  kelapa yang masih segar lebih baik untuk dikomsumsi. Biasanya kelapa-kelapa tersebut berasal dari wilayah pesisir tropis. Bila sekali terkena udara, cairan dengan cepat akan kehilangan sebagian besar karakteristik organoleptik dan gizi, karena air kelapa yang terkena udara akan langsung memulai fermentasi.

Air kelapa lebih bergizi dibandingkan susu. Mengapa? karena kandungan kolesterol lemak dan NOnya rendah!

Air kelapa lebih sehat dibandingkan dengan orange juice, karena kalori yang jauh lebih rendah.

Air kelapa lebih baik daripada susu bayi hasil yang diproses. Karena air kelapa mengandung asam laurat, yang terkandung dalam air susu ibu manusia.

Air kelapa steril secara alami, tidak mudah menyerap air karena kulitnya dan sabutnya berfungsi sebagai penyaring alami.
 
Air kelapa adalah donor universal, tidak peduli jenis darah manusia yang manapun, dapat ditransfusi oleh air kelapa.

Air kelapa adalah hal yang sangat alami, biologis murni, sarat mengandung gula alami, garam, dan vitamin untuk menangkal kelelahan. Itulah sebabnya air kelapa merupakan minuman energi alami.

Minuman Dan Makanan Yang Mencegah Bakteri Infeksi


"Helicobacter" adalah bakteri umum yang menyebabkan infeksi pada lambung. Bakteri ini juga dapat menyebabkan terbentuknya ulkus, bahkan dapat  menyebabkan kanker. 

Pengobatan biasanya melibatkan suatu program yang menggunakan dua antibiotik yang berbeda. Namun, tidak semua orang merespon terhadap pengobatan ini.  

Ini berita kesehatan yang baik, para peneliti di University of Massachusetts Medical School telah menemukan bahwa teh hijau dapat menjadi obat alternatif yang kuat dalam melawan Helicobacter. 
Untuk penelitian ini, sebuah tim peneliti menilai efek "bakterisida" (membunuh bakteri) dari teh hijau terhadap pylori. Mereka juga mengevaluasi efek dari teh hijau pada pengembangan Helicobacter-diinduksi gastritis dalam model hewan. Menurut tim peneliti, data penelitian dengan jelas menunjukkan efek mendalam dari teh hijau terhadap pylori. Mereka juga menemukan bahwa teh hijau dapat mencegah radang lambung jika tertelan sebelum terkena infeksi Helicobacter.  

Para peneliti menyimpulkan, bahwa komponen dalam teh hijau bisa lebih jauh digunakan untuk pencegahan dan pengobatan gastritis Helicobacter yang diinduksi pada manusia.

Apakah ada makanan antibakteri lain yang dapat ditambahkan? Tentu saja! Berikut ini adalah daftar untuk membantu mencegah terinfeksi bakteri. Makanan ini tidak hanya akan meningkatkan kesehatan gizi, tetapi juga akan membunuh bakteri sebelum menyebabkan kerusakan pada tubuh.
Bawang Putih
Bawang putih merupakan makanan antibakteri ampuh. Ini juga merupakan antioksidan yang kuat. Tambahkan bawang putih untuk makanan dan perisai diri terhadap kerusakan akibat pylori.
Lemon dan jeruk nipis
Lemon dan jeruk nipis keduanya antibakteri dan dapat melindungi terhadap penyakit bakteri dalam perut dan usus. Peras jus segar ke dalam segelas air dan minum sebelum tidur.

Lobak
Lobak mengandung senyawa khusus yang disebut "alil isotiosianat". Senyawa ini bertanggung jawab untuk efek antibakteri lobak itu. Lobak juga merupakan obat alternatif yang baik terhadap penyakit bawaan.
Ketumbar
Ketumbar dikenal untuk efek protektif terhadap salmonella. Ramuan berisi senyawa yang disebut "dodecenal"  adalah sumber dari efek antibakteri.

Strategi Efektif Pencegahan Flu

Strategi Efektif Pencegahan Flu



 


1. Cuci tangan 

Hidup di dunia penuh dengan virus dan bakteri yang dapat membuat sakit. Tanpa terkecuali tangan. Sangat bauk jika tangan selalu dalam kondisi bersih. Jika tidak dapat mencuci tangan dengan air, setidaknya menggunakan beberapa pembersih tangan, seperti Purel.

2. Minum cairan panas, terutama di pagi hari

Rhinovirus yang berinkubasi di belakang tenggorokan dan menyebar di daerah pernapasan atas, memiliki suhu yang lebih dingin dibanding suhu tubuh. Rhinovirus tidak dapat bertahan di 98,6f (karena itu tidak dapat masuk ke dalam bronkus atau paru-paru). 

Dengan meminum cairan panas (seperti teh panas dan lemon), dapat mencegah pengeraman virus.

3. Jauhkan tangan  dari wajah 

Wajah Anda adalah sebuah portal terbuka untuk bagian dalam tubuh. Jauhkan diri dari kuman portal dengan sedikit mungkin tersentuh tangan(terutama tangan tidak dalam keadaan bersih).

4. Minumlah air

Minum lebih banyak air adalah jawaban untuk semuanya. Air akan membantu membersihkan tubuh dan tetap bersih. Ini juga akan menjaga tubuh berfungsi pada 100%. Dan, setidaknya harus minum 8 (delapan) gelas air sehari-hari.  

Ini juga akan membantu  menurunkan berat badan.

5. Makan buah dan sayuran 

Ada fitokimia dan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Setidaknya, empat porsi sayuran dan dua porsi buah setiap hari. 

6. Multivitamin 

Jika tidak makan buah dan sayur, pastikan menggantinya dengan mengkomsumsi multivitamin untuk mencukupi vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tubuh berfungsi dengan baik. Konsumsi multivitamin satu butir per hari.

7. Tetap hangat 

Tubuh yang dingin, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Kenakan lapisan dalam jika keluar dari rumah ketika cuaca dingin.

8. Bersantai dan istirahat 

Stres juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengurangi tingkat stres, adalah dengan bersantai dan cukup tidur. Tidur sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tidur juga akan meningkatkan waktu pemulihan jika sedang sakit.  

Semoga bermanfaat...

Kamis, 29 Desember 2011

Vitamin "F"

Vitamin "F"

 

Mengapa saya memiliki banyak teman yang kesemuanya berbeda karakter?
 
Bahkan, beberapa dari mereka dianggap marjinal?
 
Bagaimana saya bisa berteman dengan mereka semua?
 
Saya berpikir, masing-masing membantu menunjukkan  setiap bagian yang "berbeda" dari dalam diriku.
 
Dengan salah satu dari mereka, saya menjadi orang yang sopan dan baik.
 
Dengan teman yang lain, saya bercanda dan bicara semaunya.
 
Kadang saya duduk dan berbicara tentang hal-hal serius dengan salah satu dari mereka.
 
Dengan yang lain, saya malah cekikikan  pada setiap hal yang konyol.
 
Saya minum teh  dengan teman yang satu, minum kopi dengan yang lain,
 
Dan menari dengan yang lainnya lagi.
 
Saya mendengarkan masalah dari salah seorang  teman dan memberikan saran padanya
 
Lalu lain waktu, saya mendengar seorang lainnya menasihati saya.
 
Mereka semua potongan mirip jigsaw,
 
Ketika selesai, mereka membentuk sebuah kotak harta karun.
 
Sebuah harta karun teman-teman!
 
Mereka adalah teman-teman saya, yang mengerti saya lebih baik daripada diriku sendiri,
 
Yang mendukung saya melalui hari-hari baik dan hari buruk.
 
Mereka seperti warna-warni anti-depresi yang saya ambil pada tiap hari yang berbeda.
 
Karena, teman yang baik adalah yang baik juga untuk kesehatan kita.
 
Dr Oz menyebut mereka Vitamin F (dari Teman) dan sumur manfaat yang selalu bisa ambil airnya setiap waktu.
 
Penelitian menunjukkan bahwa orang di lingkaran sosial yang kuat memiliki lebih sedikit risiko depresi dan juga stroke.
 
Jika Anda mengambil vitamin F terus Anda bisa sampai 30 tahun lebih muda dari usia Anda yang sesungguhnya.
 
Kehangatan persahabatan, dapat menghentikan stres dan bahkan di saat-saat tegang itu Anda dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke sebesar 50%.
 
Saya sangat senang bahwa saya memiliki stok Vitamin F,
 
Singkatnya kita harus menjaga nilai pertemanan dan tetap menjaga hubungan dengan mereka.
 
Kita harus mencoba untuk melihat sisi lucu dari sesuatu dan tertawa bersama,
 
Tidak lupa untuk membuka mulut kita lebar-lebar untuk menelan Vitamin F yang terkadang pahit!
 
Terima kasih, Vitamin F!