Sabtu, 30 Juni 2012

Cerita Inspirasi : Kentang dan Benci

Seorang guru TK telah memutuskan untuk membiarkan murid-murid di kelasnya hanya bermain.

Guru mengatakan kepada setiap anak di kelas untuk membawa kantong plastik berisi kentang.
Setiap kentang akan dituliskan sebuah nama, orang yang paling dibenci oleh masing2 anak,

Kemudian, kentang yang telah ditulis nama2 tadi harus diberi tali, untuk menggantung kentang tersebut. Kentang yang telah dibuat seperti kalung itu, kelak akan digantung dan dipakaikan pada anak2 tersebut.

Jadi, ketika hari itu tiba, setiap anak membawa beberapa kentang dengan nama2 orang yang dibencinya. Jumlah kentang mereka tidak sama. Beberapa anak memiliki 2 kentang, beberapa 3 sementara beberapa sampai 5 kentang. Guru kemudian memerintahkan, agar mereka selalu membawa kentang2 itu kemana mereka pergi sekalipun ke toilet, selama satu minggu lamanya.

Hari  hari berlalu, dan anak-anak mulai mengeluh karena bau yang tidak sedap yang disebabkan kentang yang mulai membusuk. Selain itu, mereka memiliki 5 kentang juga harus membawa tas yang lebih berat. Setelah 1 minggu, anak-anak merasa lega karena permainan itu akhirnya berakhir ....
 
Guru bertanya: "Anak-anak, bagaimana rasanya membawa kentang2 itu selama satu minggu?
Anak-anakpun saling berebutan menjawab. Yang kesemuanya  mengeluarkan rasa frustrasi mereka dan mulai mengeluh masalah karena mereka  harus membawa kentang berat dan bau kemana pun mereka pergi.

Kemudian guru mengatakan kepada mereka makna tersembunyi di balik permainan. Sang guru berkata: "Ini adalah persis situasi ketika kalian membawa kebencian untuk seseorang di dalam hatimu  Bau busuk kebencian akan mencemari hati  ke manapun  pergi.

Jika kalian tidak bisa mentolerir bau kentang busuk hanya untuk 1 minggu, bisa dibayangkan apa rasanya memiliki bau kebencian di dalam hati  untuk seumur hidupmu? "




Cinta sejati bukan berarti mencintai orang yang sempurna. tapi mencintai orang yang tidak sempurna dengan sempurna!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar